assalamualaikum wr.wb
di sini saya akan membagikan pengetahuan tentang desain grafis......
silahkan di simak.....
Pengertian Desain Grafis

Desain grafis
adalah suatu bentuk komunikasi visual yang menggunakan gambar untuk
menyampaikan informasi atau pesan seefektif mungkin. Dalam desain
grafis, teks juga dianggap gambar karena merupakan hasil abstraksi
simbol-simbol yang bisa dibunyikan. Desain grafis diterapkan dalam
desain komunikasi dan fine art. Seperti jenis desain lainnya, desain
grafis dapat merujuk kepada proses pembuatan, metoda merancang, produk
yang dihasilkan (rancangan), ataupun disiplin ilmu yang digunakan
(desain).
Seni desain grafis
mencakup kemampuan kognitif dan keterampilan visual, termasuk di
dalamnya tipografi, ilustrasi, fotografi, pengolahan gambar, dan tata
letak.
UNSUR DAN PRINSIP DESAIN GRAFIS
UNSUR
Unsur dalam setiap hasil
karya desain grafis dan DKV terdiri dari bagian-bagian yang bisa dipelajari
secara terpisah. Pada setiap hasil karya desain pasti ada minimal satu dari
unsur berikut :
1. Garis (Line)
Source: google.com |
Sebuah garis adalah unsur
desain yang menghubungkan antara satu titik poin dengan titik poin yang lain
sehingga bisa berbentuk gambar garis lengkung (curve) atau lurus (straight).
Garis adalah unsur dasar untuk membangun bentuk atau konstruksi desain. Di
dalam dunia komunikasi visual seringkali kita menggunakan dotted line, solid line,
dan garis putus-putus
2. Bentuk (Shape)
Source: google.com |
Bentuk adalah segala hal
yang memiliki diameter tinggi dan lebar. Bentuk dasar yang dikenal orang adalah
kotak (rectangle), lingkaran (circle), dan segitiga (triangle). Pada desain komunikasi visual
kita akan mempelajari betuk dasar dan bentuk turunan. Sementara pada kategori
sifatnya, bentuk dapat dikategorikan menjadi tiga, yaitu:
2.1) Huruf (Character) :
Yang direpresentasikan
dalam bentuk visual yang dapat digunakan untuk membentuk tulisan sebagai wakil
dari bahasa verbal dengan bentuk visual langsung, seperti A, B, C, dsb.
2.2) Simbol (Symbol) :
Yang direpresentasikan dalam
bentuk visual yang mewakili bentuk benda secara sederhana dan dapat dipahami
secara umum sebagai simbol atau lambang untuk menggambarkan suatu bentuk benda
nyata, misalnya gambar orang, bintang, matahari dalam bentuk sederhana
(simbol), bukan dalam bentuk nyata (dengan detail).
2.3) Bentuk Nyata (Form) :
Bentuk ini betul-betul
mencerminkan kondisi fisik dari suatu obyek. Seperti gambar manusia secara
detil, hewan atau benda lainnya.
3. Tekstur (Texture)
Source: google.com |
Tekstur adalah tampilan
permukaan (corak) dari suatu benda yang dapat dinilai dengan cara dilihat atau
diraba. Yang pada prakteknya, tekstur sering dikategorikan sebagai corak dari
suatu permukaan benda, misalnya permukaan karpet, baju, kulit kayu, cat
dinding, cat canvas, dan lain sebagainya.
4. Ruang (Space)
Source: google.com |
Ruang merupakan jarak
antara suatu bentuk dengan bentuk lainnya, pada praktek desain dapat dijadikan
unsur untuk memberi efek estetika desain dan dinamika desain grafis. Sebagai
contoh, tanpa ruang Anda tidak akan tahu mana kata dan mana kalimat atau paragraf.
Tanpa ruang Anda tidak tahu mana yang harus dilihat terlebih dahulu, kapan
harus membaca dan kapan harus berhenti sebentar. Dalam bentuk fisiknya
pengidentifikasian ruang digolongkan menjadi dua unsur, yaitu obyek (figure) dan latar belakang (background).
5. Ukuran (Size)
Source: google.com |
Ukuran adalah unsur lain
dalam desain yang mendefinisikan besar kecilnya suatu obyek. Dengan menggunakan
unsur ini Anda dapat menciptakan kontras dan penekanan (emphasis) pada obyek desain anda sehingga orang akan tahu mana yang
akan dilihat atau dibaca terlebih dahulu.
6. Warna (Color)
Source: google.com |
Warna merupakan unsur
penting dalam obyek desain. Karena dengan warna orang bisa menampilkan
identitas, menyampaikan pesan atau membedakan sifat dari bentuk-bentuk bentuk
visual secara jelas. Dalam prakteknya warna dibedakan menjadi dua: yaitu warna
yang ditimbulkan karena sinar (Additive
color/RGB) yang biasanya digunakan pada warna lampu, monitor, TV dan
sebagainya, dan warna yang dibuat dengan unsur-unsur tinta atau cat (Substractive color/CMYK) yang biasanya
digunakan dalam proses pencetakan gambar ke permukaan benda padat seperti
kertas, logam, kain atau plastik.
Prinsip
Pesan visual harus
kreatif (asli, inovatif dan lancar), komunikatif, efisien dan efektif,
sekaligus indah/estetis. Berbeda dengan prinsip desain grafis. Dalam ilmu desain
grafis, selain prinsip-prinsip diatas ada beberapa prinsip utama komunikasi
visual dari sebuah karya desain.
1. Ruang Kosong (White Space)
Ruang kosong dimaksudkan agar karya tidak
terlalu padat dalam penempatannya pada sebuah bidang dan menjadikan sebuah
obyek menjadi dominan.
2. Kejelasan (Clarity)
Kejelasan atau clarity mempengaruhi penafsiran penonton akan sebuah karya.
Bagaimana sebuah karya tersebut dapat mudah dimengerti dan tidak menimbulkan
ambigu/ makna ganda
3. Kesederhanaan (Simplicity)
Kesederhanaan menuntut penciptaan karya
yang tidak lebih dan tidak kurang. Kesederhanaan sering juga diartikan tepat dan
tidak berlebihan. Pencapaian kesederhanaan mendorong penikmat untuk menatap
lama dan tidak merasa jenuh.
4. Emphasis (Point of Interest)
Emphasis atau disebut juga pusat perhatian,
merupakan pengembangan dominasi yang bertujuan untuk menonjolkan salah satu
unsur sebagai pusat perhatian sehingga mencapai nilai artistic.
Kesimpulan:
Untuk
membuat suatu desain tentunya kita ingin sekali desain tersebut sesuai
dengan tujuan kita membuatnya, baik itu untuk sebuah promosi atau hanya
untuk kesenangan batin. Untuk menghasilkan suatu desain yang menarik dan
dapat dipahami oleh orang lain, maka dalam pembuatannya kita harus
memperhatikan unsur-unsur dan prinsip yang dimiliki oleh suatu desain.
Sumber :
Wijanarko, Lizard. 2010. Unsur, Definisi, Prinsip dan Istilah DKV. Diambil dari: http://www.ahlidesain.com/unsur-definisi-prinsip-dan-istilah-dkv.html. Diakses 25 September 2016.
PERBEDAAN GRAFIS BERBASIS BITMAP VS VECTOR
agi Anda yang memiliki pekerjaan di dunia desain grafis, sangat penting bagi Anda untuk mengetahui perbedaan Vektor dan Bitmap.
Bekerja di dalam dunia desain grafis memang mengharuskan Anda untuk
mengerti mengenai format-format gambar. Dimana Anda dapat memilih
kualitas gambar sesuai dengan kebutuhan Anda. Mengetahui perbedaan
antara Vektor dan Bitmap ini tujuannya agar Anda dapat mencetak gambar
yang bagus dan berkualitas, tidak rusak ataupun blur. Anda dapat memilih
gambar Vektor ataupun Bitmap sesuai kebutuhan setelah mengetahui
perbedaan di antara keduanya.
Vektor sendiri merupakan gambar digital, berbasis persamaan perhitungan
matematis. Gambar Vektor memiliki kualitas yang bagus, ketika diperbesar
atau diperkecil gambar tidak pecah. Ini karena Vektor merupakan gambar
yang dibentuk dari gabungan titik dan juga garis yang membentuk sebuah
objek. Sementara Bitmap adalah representasi dari citra grafis, terdiri
dari titik-titik yang tersusun dan tersimpan di dalam memori komputer.
Nilai setiap titik dari gambar Bitmap diawali oleh 1 bit data jika
gambar tersebut adalah hitam putih, dan lebih jika gambar berwarna.
Untuk penjelasan lebih lengkapnya, simak ulasan berikut ini:
1. Susunan
Gambar Vektor disusun objek geometris, dibuat berdasar atas perhitungan
matematis. Sementara gambar Bitmap disusun objek, dimana objek tersebut
disebut sebagai pixel.
2. Sifat
Credits: https://www.satujam.com/software-desain-grafis/
Gambar Vektor memiliki sifat yang tidak dipengaruhi oleh resolusi, sementara gambar Bitmap dipengaruhi oleh resolusinya.
3. Gambar ketika di zion
Ketika di-zoom, gambar Vektor tidak akan pecah, rusak ataupun blur.
Sedangkan gambar Bitmap jika di-zoom dan melewati batas toleransi maka
gambarnya akan pecah dan rusak.
4. Ukuran
Jika gambar Vektor disimpan maka ukurannya relatif kecil, sementara gambar Bitmap memiliki ukuran yang relatif besar.
5. Kegunaan
Gambar Vektor cocok digunakan untuk ilustrasi, contohnya seperti logo
dan desain lain yang mengutamakan kesederhanaan bentuk. Sementara gambar
Bitmap dapat digunakan untuk gambar yang kompleks. Dimana ragam warna
dan juga bentuk yang cukup beraneka ragam, contohnya yaitu foto hasil
jepretan kamera.
6. Format penyimpanan
Format penyimpanan untuk gambar Vektor di antaranya yaitu AI, FH, CDR
dan EPS. Sedangkan format penyimpanan untuk gambar Bitmap yaitu TIF,
PSD, GIF, JPEG dan BMP.
7. Aplikasi yang mendukung
Aplikasi atau program yang cocok digunakan untuk mengolah gambar Vektor
yaitu Coreldraw, Macromedia Freehand dan juga Adobe Illustrator.
Sedangkan aplikasi untuk mengolah gambar Bitmap yaitu AdobePhotoshop, MS
Paint dan juga Corel Photopaint.
Dengan mengetahui format dan perbedaan diantara kedua gambar tersebut,
Anda akan lebih mudah memahami kinerja keduanya. Dengan begitu Anda juga
memilih format gambar sesuai dengan kebutuhan Anda, apakah Vektor
ataukah Bitmap. Pemilihan format gambar sesuai kebutuhan akan
memaksimalkan Anda dapat mencetak gambar yang bagus dan berkualitas.
Manfaatkan perbedaan Vektor dan Bitmap tersebut untuk memilih format gambar terbaik.
sumber : http://perbedaanterbaru.blogspot.com
PRODUK-PRODUK DESAIN GRAFIS
Permana (1994) mencatat beberapa pembagian produk-produk yang bisa dihasilkan dari pekerjaan desain grafis, yaitu:
1.
Dokumen yang bersifat persuasif
:: iklan
:: undangan
:: permohonan undangan
:: poster
:: selebaran
:: prospektus
:: brosur
2.
Dokumen yang menunjukkan identitas
:: kartu nama
:: sertifikat dan izazah
:: label dan tag
:: alat tulis kantor
3.
Dokumen yang memberikan informasi
:: brosur
:: rencana pengajaran
:: proposal
:: jadwal
:: daftar produk
:: program
:: lembaran kerja
:: laporan
4.
Publikasi berkala dan tidak
:: newsletter
:: majalah
:: laporan penelitian
:: jurnal
:: buletin
:: tabloid
:: koran dinding
:: pengumuman
5.
Dokumen yang menghendaki jawaban
:: Daftar isian riwayat hidup
:: formulir
:: lembar soal
:: kuesioner
:: lembar isian
6.
Dokumen yang memberikan referensi :: kalender :: direktori :: buku telepon :: daftar barang :: jadwal :: buku alamat
7.
Dokumen yang menunjukkan suatu proses :: kurikulum :: manual kerja :: manuallatihan :: prosedur latihan :: petunjuk
:: resep masakan
1.
Dokumen yang bersifat persuasif
:: iklan
:: undangan
:: permohonan undangan
:: poster
:: selebaran
:: prospektus
:: brosur
2.
Dokumen yang menunjukkan identitas
:: kartu nama
:: sertifikat dan izazah
:: label dan tag
:: alat tulis kantor
3.
Dokumen yang memberikan informasi
:: brosur
:: rencana pengajaran
:: proposal
:: jadwal
:: daftar produk
:: program
:: lembaran kerja
:: laporan
4.
Publikasi berkala dan tidak
:: newsletter
:: majalah
:: laporan penelitian
:: jurnal
:: buletin
:: tabloid
:: koran dinding
:: pengumuman
5.
Dokumen yang menghendaki jawaban
:: Daftar isian riwayat hidup
:: formulir
:: lembar soal
:: kuesioner
:: lembar isian
6.
Dokumen yang memberikan referensi :: kalender :: direktori :: buku telepon :: daftar barang :: jadwal :: buku alamat
7.
Dokumen yang menunjukkan suatu proses :: kurikulum :: manual kerja :: manuallatihan :: prosedur latihan :: petunjuk
:: resep masakan
sumber : http://duniainformatikaindonesia.blogspot.co.id
APLIKASI DESAIN GRAFIS
Credits: https://www.satujam.com/software-desain-grafis/
Sekian Pengetahuan Tentang Desain Grafis yang dapat saya berikan hari ini
TERIMA KASIH :)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar